Bupati Serahkan Alsintan

Bupati Serahkan Alsintan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi membagikan sebanyak 181 alat dan mesin pertanian (Alsintan). Selain Alsintan, bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan lainya mulai dari bantuan ternak dan bibit holtikultura.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di halaman Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong Rabu (10/10) kemarin. Penyerahan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunawan serta unsur FKPD dan OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Dengan adanya bantuan ini, saya berharap petani kita akan semakin giat lagi dalam bertani,\" harap Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi.

Selain itu, bupati juga berharap setelah diterimanya bantuan tersebut para penerima bantuan bisa merawat dan menjadi Alsintan yang diberikan tersebut sehingga bisa bertahan lama dan bisa terus dimanfaatkan oleh para petani di Kabupaten Rejang Lebong.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, bantuan Alsintan dan bibit kemarin, merupakan bagian dari bentuk perhatian yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada para petani yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman Sp menjelaskan bantuan yang diberikan secara simbolis kemarin terdiri dari 61 hand tracktor roda dua yang akan diberikan untuk 39 kelompok tani dan 22 barigase. Selanjutnya tiga unit hand tracktor roda 4, 22 unit pompa air, 74 hand spayer, 1 eksavator mini, 5 power tracer, 5 rice transpalnter dan 10 alat penanam jagung.

\"bantuan Alsintan ini baik dari Pemerintah pusat maupun dari Pemerintah Provinsi Bengkulu,\" jelas Taman.Kemudian untuk bantuan dalam bidang peternakan dan holtikultira bantuan yang diberikan yaitu bibit cabe dan saprodi untuk pengembangan 40 hektare lahan yang digarap 10 kelompok tani.

Bibit bawang merah dan saprodi untuk 20 hektare lahan, bantuan bibit bawang putih dan saprodi untuk 10 hektare lahan. Ditambah 63.325 kg benih padi gogo, 15.000 kg benih jagung. Ditambah 5000 batang bibit jeruk.

Kemudian pengembangan 2.500 hektar aren di wilayah Sindang Kelingi, Selupu Rejang, Bermani Ulu dan Padang Ulak Tanding. Selanjutna bantuan bibit ikan nila yang diberikan ke 7 kelompok tani sebanyak 35.000 dan 45.000 ikan mas. Serta, 50 sapi perah, 56 sapi bali, 336 kambing. 1500 ayam dan 1500 itik.

\"Kita berharap bantuan yang diberikan tersebut nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan peternak yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini,\" harap Taman. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: